1 comments

Kawasan Wisata Baturaden, Tempat Wisata Yang Menarik Di Banyumas


Kawasan Wisata Baturaden

Kawasan Wisata Baturaden—Sebenarnya banyak sekali tujuan wisata di Jawa Tengah yang setiap datang musim liburan selalu banyak diserbu oleh para wisatawan, terutama anak-anak yang sedang dalam masa libur sekolah. Beberapa kota yang menjadi favorit para wisatawan diantaranya adalah Semarang, Magelang, Solo. Selain wisata di kota-kota besar tersebut, Jawa Tengah masih mempunyai  lokasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata tersebut adalah kawasan wisata Baturaden yang menyuguhkan satu kesatuan tempat wisata seperti mini-train, panorama air terjun, kolam renang air panas, dan perahu dayung.

Nama Baturaden ini sendiri diambil dari sebuah legenda yang bercerita mengenai sepasang kekasih yang memiliki nasib sial. Seorang lelaki pelayan atau dalam bahasa Jawa disebut Batur yang jatuh cinta kepada seorang wanita dari kalangan bangsawan atau dalam bahasa Jawa disebut dengan Raden. Berdasarkan cerita legenda tersebut, maka tempat wisata ini dinamakan dengan Batur-Raden. Akan tetapi banyak pengunjung yang lebih mengenal kawasan wisata ini dengan nama Baturaden. Berikut adalah beberapa informasi tentang Kawasan Wisata Baturaden yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan.

 

 

Kaloka Widya Mandala

 

Kaloka Widya Mandala adalah sebuah kebun binatang yang ada di Kawasan Wisata Baturaden yang sekaligus digunakan sebagai tempat edukasi mengenai binatang bagi wisatawan yang datang. Kaloka Widya Mandala ini diresmikan kala itu oleh Bupati Banyumas H. Djoko Sudantoko pada tanggal 17 Mei 1995. Di Kaloka Widya Mandala ini, pengunjung akan menjumpai berbagai macam spesies binatang yang datang baik dari dalam maupun dari luar negeri. Beberapa spesies binatang tersebut diantaranya adalah orang utan, elang jawa, ayam kate, ayam mutiara, rusa, beruk, buaya, kasuari, sapi berkaki lima, ular, kambing berkaki tiga, landak, iguana, cendrawasih, kelelawar, gajah, monyet, dan hewan-hewan langka lainnya.

 

 

Teater Alam Baturaden

 

Teater Alam Baturaden merupakan salah satu lokasi wisata yang menarik yang ada di dalam Kawasan Wisata Baturaden. Lokasi ini merupakan salah satu lokasi wisata yang paling menarik, karena teater alam ini merupakan sebuah bioskop yang berbentuk pesawat. Pesawat berjenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia ini berdiri diatas tanah seluas 600 meter. Tepatnya berada di samping pintu masuk lokasi wisata Baturaden.  Keunikan dari bioskop pesawat ini adalah tidak adanya film Hollywood ataupun film layar lebar lainnya yang diputar. Bioskop ini hanya memutar film yang bertema tentang alam dan budaya tanah air Indonesia seperti film cerita budaya TMII, tragedi tsunami, maupun peristiwa letusan gunung Merapi. Film yang diputar di teater ini hanya berdurasi kurang lebih 10-15 menit saja.

Kawasan Wisata Baturaden

Teater alam ini memang khusus ditujukan bagi mereka, para pengunjung yang belum pernah naik pesawat. Sehingga dengan adanya teater yang terbuat dari pesawat asli ini, para pengunjung dapat merasakan sensasi naik pesawat sambil menikmati tontonan film dilayar yang telah disediakan. Untuk menonton film di teater pesawat ini, pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 5.000 saja.

 

Bumi Perkemahan Baturaden

 

Di kawasan wisata terpadu ini juga terdapat sebuah camping ground atau bumi perkemahan yang biasanya sering dijadikan sebagai tempat berkemah anak-anak pramuka maupun dijadikan sebagai tempat outbond bagi para pengunjung biasa. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki kegemaran berkemah. Pada tahun 2001 lalu, tempat ini sempat digunakan sebagai lokasi diadakannya Jambore Nasional Gerakan Pramuka

 

 

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden

 

Di kawasan wisata Baturaden terdapat pula lokasi wisata pemandian air panas yang mengandung belerang. Pemandian ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Suhu di kedua pancuran tersebut berkisar antara 60 hingga 70 derajat celcius. Kedua pancuran ini baik itu pancuran Telu maupun Pancuran Pitu merupakan lokasi favorit dan paling terkenal di Baturaden. Pengunjung dapat berendam di air panas sambil menikmati pemandangan pegunungan yang hijau. Selain itu juga pengunjung dapat menikmati pijat sulfur dengan hanya membayar 7.500 rupiah untuk sekali pijat dalam 15 menit.

Kawasan Wisata Baturaden

 

Telaga  Sunyi

 

Telaga ini berada di pusat Kawasan Wisata Baturaden. Telaga sunyi ini adalah sebuah mata air yang sangat jernih. Air di telaga ini sangat dingin dan menyegarkan, sayangnya pengunjung yang bekunjung ke telaga ini dilarang untuk berenang atau pun mandi di telaga. Hal ini dimaksudkan agar kelestarian telaga dapat tetap terjaga sekaligus menjaga keselamatan pengunjung.

 

 

Akses Menuju Lokasi

 

Kawasan Wisata Baturaden ini dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum. Pengunjung yang menggunakan transportasi umum dapat menggunakan angkot jurusan Baturaden dari terminal Purwokerto. Kemudian pengunjung dapat langsung sampai dan turun di terminal lokawisata Baturaden.

Apabila ingin lebih praktis maka pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau pun taksi atau bahkan menyewa mobil. Jarak tempuh dari pusat kota Purwokerto hanya sekitar 15 menit saja bila keadaan jalan sedang padat. Wisatawan disarankan untuk waspada dan berhati-hati bila memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena banyak jalanan yang menanjak  dengan tingkat kemiringan mencapai 30 derajat.

Kawasan Wisata Baturaden

Lokasi wisata ini sendiri terletak di lereng Gunung Slamet sehingga memiliki hawa yang sejuk. Tak heran setiap kali datang musim liburan tempat ini selalu ramai oleh pengunjung. Pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas seperti hotel, penginapan, termasuk camping ground bagi yang ingin menginap di lokasi wisata ini. Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini pun tergolong murah yaitu sekitar Rp 14.000. Sedangkan jika ingin memasuki tempat wisata lain yang ada di Kawasan Wisata Baturaden ini akan dikenakan biaya lagi seperti Rp 5.000 untuk teater alam dan Rp 10.000 untuk Pancuran Telu.


2 Comments

    • admin

Reply

hit counter
Select Language