no comments

Indahnya Air Terjun Umbul Songo Kopeng Semarang


Air Terjun Umbul Songo

Air terjun Umbul Songo merupakan sebuah tempat wisata di Semarang yang terkenal akan keindahannya. Air terjun ini berada di ketinggian 1.450m dari permukaan laut sehingga membuatnya menjadi primadona para pemburu wisata alam. Lokasi air terjun Umbul Songo ini begitu strategis karena diapit oleh dua gunung yaitu gunung Telemoyo dan gunung Merbabu. Tinggi air terjun ini mencapai 15 meter dengan aliran air yang cukup deras. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda para pengunjung yang memiliki ketertarikan akan wisata alam yang memacu adrenalin karena untuk mencapai lokasi air terjun ini jalanan yang harus dilalui masih tanah dengan medan yang masih begitu alami dan  cukup menguras tenaga. Maka dari itu sebelum berwisata ke air terjun ini, diharapkan untuk mempersiapkan fisik dan stamina terlebih dahulu

Berbagai jenis rumput dan lumut hidup di dinding-dinding tebing air terjun ini, sehingga membuatnya tampak begitu asri. Selain itu salah satu hal yang menjadi keunikan air tejun tersebut adalah airnya yang tetap mengalir deras walaupun dimusim kemarau. Oleh karena itu, air yang mengalir dari air terjun dijadikan sebagai sumber air utama oleh warga sekitar pada musim kemarau sehingga warga tidak pernah kesulitan air pada musim kemarau. Suasana disekitar air terjun pun masih berupa hutan yang jarang terjamah oleh manusia, sehingga semakin menambah ke eksotisan tempat ini.

 

Legenda Air Terjun Umbul Songo

 

Ada beberapa legenda yang beredar dimasyarakat mengenai asal muasal air terjun Umbul Songo ini. Nama Umbul Songo diartikan sebagai sembilan mata air yang ditemukan oleh para wali pada zaman kerajaan Demak dahulu. Pada awalnya para wali bersama-sama berdoa kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam mencari air untuk berwudhu. Maka dengan izin Allah SWT permohonan para wali tersebut akhirnya dikabulkan dan keluarlah sumber mata air yang debit arinya begitu besar. Diberilah nama mata air ini dengan nama Umbul Songo.

Air terjun ini berasal dari beberapa mata air yang berada disekitarnya yaitu sumber mata air Tekelan, Contrem Tayengan, Selodhuwur dan Kopeng. Sumber lainnya berasal dari Peng Jero dan Kali Sati.

Air Terjun Umbul Songo Kopeng Semarang

 

Fasilitas Sekitar Air Terjun

Ada beberapa fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola tempat wisata ini kepada para pengunjung seperti disediakanya tempat parkir yang luas untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan yang datang membawa kendaran pribadi.

Fasilitas lainnya yang disediakan oleh pengelola adalah taman bermain untuk anak-anak yang ikut berkunjung ke tempat wisata ini. Fasilitas ibadah seperti mushala pun turut disediakan oleh pengelola sehingga pengunjung tetap dapat melaksanakan kewajibannya ketika berwisata disini. Kamar mandi dan toilet pun turut disediakan. Jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat untuk buang air kecil ataupun besar maka pengunjung tidak perlu khawatir lagi. Di sekitar air terjun juga disediakan bumi perkemahan untuk mengakomodasi pengunjung yang ingin berkemah di sini.

Air Terjun Umbul Songo Kopeng Semarang2

Di air terjun Umbul Songo ini pengunjung dapat mencoba untuk berenang karena pengelola menyediakan kolam renang khusus. Jika pengunjung ingin merasakan sensasi bermalam disekitar air terjun, maka pengunjung dapat menyewa penginapan yang ada disekitar area ini karena disekitar tempat wisata tersedia beberapa villa yang dapat disewa tentunya dengan fasilitas yang cukup memadai. Pengunjung juga dapat mencoba menginap di rumah-rumah warga tentunya dengan tarif yang lebih murah jika dibandingkan dengan menginap di villa. Seiring berkembangnya tempat wisata ini, sekarang terdapat beberapa hotel yang jaraknya tidak terlalu jauh dari air terjun, diantaranya Hotel Fortuna Kopeng, Hotel Garuda Kopeng, Hotel Catalina, Hotel Mulia Sari, Kenangan Indah Hotel dan Kopeng Indah.

 

Wisata Kuliner Sekitar Air Terjun

Bagi Anda penikmat kuliner, maka tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas dari Kopeng yang banyak dijual disekitar lokasi air terjun Umbul Songo. Salah satu kuliner khas dari daerah tersebut adalah wedang ronde dan sate kelinci. Jangan khawatir walau berada di daerah wisata, harga makanan di sini masihlah sangat terjangkau.

Lokasi Air Terjun Umbul Songo

Air terjun Umbul Songo terletak di komplek wana wisata Kopeng, tepatnya di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk berkunjung ke tempat ini ada beberapa alternatif rute yang bisa ditempuh. Rute yang pertama adalah melalui kota Salatiga yang berjarak sekitar 15 km. Jika dari Ungaran sekitar 34 Km dan jika Anda dari Semarang, untuk mencapai wana wisata ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 54 km. Jika Anda dari daerah Semarang, maka Anda hanya tinggal melewati tol Semarang Bawen dan keluar menuju arah Jl Raya Suruh Karanggede atau Jl Semarang Surakarta menuju Kopeng. Namun bila Anda dari daerah Magelang hanya berjarak 30 KM menyusuri jalan Magelang Kopeng atau jalan Magelang Salatiga. Jalanan yang Anda susuri akan melewati pemandangan yang sangat indah dengan latar belakan Gunung Merbabu dan Gunung Andong.

Air Terjun Umbul Songo Kopeng Semarang3

Tarif Masuk Kawasan Wisata

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun Umbul Songo tidaklah mahal. Tiap orang akan dikenakan tarif sebesar Rp 5000 saja. Dan jika Anda mengambil paket menginap di rumah warga, maka Anda akan dikenakan tarif 20 hingga 30 ribu saja tiap malamnya.

Keseluruhan harga tersebut sangatlah terjangkau untuk berbagai kalangan yang ingin menikmati wisata alam nan indah serta melepas penat setelah seharian disibukan dengan berbagai kegiatan di kota.

Reply

hit counter
Select Language