no comments

Indahnya Air Terjun Sipiso-Piso


Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso adalah salah satu tempat wisata di Medan. Air terjun ini tepatnya berada di desa Tongging. Desa Tongging adalah sebuah desa yang terletak disebelah utara pesisir Danau Toba, tepatnya berada di Kecamatan Merek Kabupaten Karo Sumatera Utara. Letak air terjun yang berdekatan dengan Danau Toba menjadikan pemandangan disekitar desa ini terlihat begitu mempesona dan sangat mengagumkan. Hamparan bukit hijau yang luas serta suasana Danau Toba yang memukau semakin menambah keindahan desa disekitar air terjun ini.

 

Air Terjun Eksotis

 

Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan pesona Air Terjun Sipiso-Piso ketika Anda berada di Desa Tongging. Sebelum melihat air terjun lebih dekat, sempatkanlah untuk berkunjung ke gardu pandang yang terletak di puncak bukit. Dari gardu pandang ini, Anda akan melihat hamparan keindahan Tanah Karo. Dari sini pula Anda dapat menikmati keindahan Pulau Samosir, pulau yang berada di tengah-tengah Danau Toba. Setelah puas menikmati pemandangan dari gardu pandang, Anda dapat melanjutkan perjalanan untuk bercengkrama bersama Air Terjun Sipiso-Piso dengan menuruni anak tangga yang telah disediakan.

Lokasi wisata ini dikelilingi oleh hutan pinus yang menambah kesejukan suasana disekitar air terjun. Secara geografis, Desa Tongging, tempat air terjun ini berada pada ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut. Indahnya pemandangan di sekitar air terjun yang memiliki ketinggian 120 meter ini sungguh sangat memanjakan mata.

 

Sangat sulit untuk menggambarkan bagaimana keindahan air terjun ini apabila belum pernah melihatnya secara langsung. Suasana alam perbukitan yang begitu asri dan gemericik air terjun yang menghantam bebatuan disekitarnya semakin melengkapi keindahan alam Desa Tongging.

Ada sebuah makna dan sejarah dibalik nama Air Terjun Sipiso-Piso ini. Kata Sipiso-Piso berasal dari kata piso yang berarti pisau. Kata pisau ini merupakan perumpamaan dari derasnya air yang berjatuhan dari atas layaknya sebilah pisau yang tajam. Warga setempat juga menyebutnya dengan nama Piso dari tanah Karo karena melihat curamnya jurang-jurang yang ada disekitar air terjun. Wisata air terjun ini sendiri dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karo.

Air Terjun Sipiso-Piso

Sebelum berwisata ke Air Terjun Sipiso-Piso, alangkah baiknya terlebih dahulu menyiapkan kekuatan fisik dan disarankan untuk saparan terlebih dahulu, karena sebelum mencapai lokasi air terjun wisatawan akan terlebih dahulu menuruni ratusan anak tangga yang membelah perbukitan. Anak tangga tersebut lumayan curam dan licin sehingga cukup menguras tenaga, tetapi semuanya akan terbayar lunas ketika sampai di bawah. Pelangi kecil yang tercipta abadi di lembah tersebut sebagai akibat dari percikan air yang menyerupai kabut dan hujan yang seolah-olah selalu turun dengan suara gemuruhnya, dijamin akan membayar semua kelelahan yang dirasakan ketika menuju air terjun ini.

 

Fasilitas dan Akses Menuju Tempat Wisata.

 

Desa Tongging di mana tempat air terjun ini berada, berjarak sekitar 35 km dari kota wisata Berastagi dan 24 KM dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Akan tetapi jika Anda berangkat dari Medan, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 45 menit untuk sampai ke lokasi wisata ini. Untuk mencapai dasar air terjun, Anda harus menuruni ratusan anak tangga kecil yang memang sudah disediakan oleh pengelola sebagai sarana yang aman untuk naik atau pun turun guna mencapai lokasi air terjun. Kegiatan menuruni anak tangga ini dapat menjadi pengalaman wisata tersendiri karena anak-anak tangga tersebut membentang memotong hamparan bukit yang mempesona dan menawan.

Air Terjun Sipiso-Piso

Beberapa fasilitas yang belum ditemukan disekitar tempat wisata Air Terjun Sipiso-Piso adalah penginapan dan warung yang menyediakan oleh-oleh khas dari Desa Tongging. Pengelola baik itu pemerintah maupun swasta belum ada yang berinisiatif untuk membangun penginapan disekitar lokasi air terjun. Fasilitas penginapan hanya ada di Desa Tongging begitu pun dengan oleh-oleh khas hanya dapat dibeli di Desa Tongging. Walaupun demikian, di sekitar lokasi wisata air terjun ini sudah tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk menyimpan kendaraan pengunjung.

 

Untuk mencapai Air Terjun Sipiso-Piso hanya dapat dilakukan dengan jalur darat. Rute untuk menuju objek wisata ini jika dari Bandara Medan, maka wisatawan harus berkendara menuju Kabupaten Karo. Perjalanan tersebut akan melewati 2 kota yaitu kota Berastagi dan kota Kabanjahe. Setelah melewati kedua kota tersebut, maka wisatawan harus mengambil arah menuju Merek. Sesampainya di Merek, akan ada persimpangan yang mengarah ke Sidikalang dan Siantar. Arah yang harus diambil adalah arah Siantar. Setelah berjalan beberapa meter, wisatawan akan menemukan petunjuk menuju Air Terjun Sipiso-Piso. Perjalanan dari bandara sampai ke lokasi setidaknya memakan waktu 2-3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Biaya retribusi untuk masuk ke lokasi wisata ini hanya sebesar Rp 10.000 saja,

Air Terjun Sipiso-Piso

Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, maka menyewa kendaraan merupakan salah satu opsi terbaik. Wisatawan dapat menyewa kendaraan ditempat-tempat penyewaan yang ada di Kota Medan, Berastagi ataupun Kabanjahe karena hal ini jauh lebih efektif dibandingkan jika menggunakan alat transportasi masal. Namun jika wisatawan ingin menggunakan angkutan umum, dapat menggunakan angkutan umum yang ada di terminal Padang Bulan Medan menuju Kabanjahe. Setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum berikutnya menuju Air Terjun Sipiso-Piso.

 

Air Terjun Sipiso-Piso memiliki jam operasi mulai dari pukul 06.00 hingga 08.00, namun biasanya akan mulai ramai ketika pukul 12.00 hingga sore, karena pada waktu itu adalah waktu yang tepat untuk menikmati udara sejuk yang dihasilkan air terjun yang indah ini.

 


Reply

hit counter
Select Language