1 comments

Menyusuri Goa Pindul Yogyakarta Yang Indah Dan Eksotik


goa pindul

Goa Pindul ini berlokasi di Yogyakarta atau secara spesifik terletak di Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Jalur yang akan Anda lewati jika ingin mencapai objek wisata ini adalah dari kota Yogyakarta menuju Jalan Wonosari, setelah itu melewati Piyungan lalu bukit Patuk hingga sampai ke Lapangan Gading. Dari pertigaan setelah Lapangan Gading Anda tinggal lurus saja sampai ke Bundaran Siyono. Dari bundaran Siyono ambil kiri lalu Anda tinggal lurus saja hingga ke pertigaan Desa Bejiharjo. Setelah itu ambil kiri dan Anda hanya tinggal ikuti jalan aspal hingga tiba dilokasi yang banyak terdapat tulisan Pindul. Atau jika Anda tidak mau repot, Anda hanya tinggal menggunakan jasa pengantar ke lokasi objek wisata Goa Pindul saja yang banyak berjejeran disepanjang Jalan Wonosari. Jangan khawatir karena jasa pengantar tersebut gratis.

 

 

Asal Mula Goa Pindul

 

Keberadaan Goa Pindul ini sendiri tidak terlepas dari cerita perjalanan Joko Singlulung yang telah diceritakan secara turun menurun oleh masyarakat sekitar goa. Ketika itu dikisahkan Joko Singlulung ini sedang mencari ayahnya, ia mencari dengan menyusuri hutan yang lebat hingga menemukan sungai dan menelusurinya hingga masuk kedalam goa. Saat mencari ayahnya di dalam goa tersebutlah kepala Joko Singlulung terbentur batu besar hingga pipinya menjadi bengkak. Goa tempat Joko Singlulung terbentur inilah yang akhirnya diberi nama Goa Pindul yang berasal dari kata “Pipi Gebendul” atau pipi yang terbentur.

 

 

Sajian Stalaktit dan Stalagmit Indah

 

Untuk menyusuri Goa Pindul ini, wisatawan wajib menggunakan pelampung karena kondisi goa yang dialiri sungai yang cukup dalam sehingga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, pemakaian pelampung wajib digunakan. Aktivitas menelusuri goa ini dinamakan dengan Cave Tubing. Istilah Cave Tubing sendiri pertama kali digunakan untuk menyebut penelusuran Goa di Kalisuci dengan menggunakan pelampung dan ban dalam kendaraan bermotor. Cave Tubing di Kalisuci ini diklaim sebagai aktivitas Cave Tubing pertama di dunia yang kemudian diikuti oleh objek-objek wisata goa yang memiliki sungai bawah tanah lainnya termasuk oleh Goa Pindul. Untuk menelusuri goa ini Anda disarankan untuk berkelompok. Satu kelompok atau rombongan akan dipandu oleh satu petugas khusus yang akan bertugas menarik ban-ban pelampung rombongan sekaligus menjadi pemandu wisata. Di dalam goa, petugas akan menunjukan tentang berbagai informasi penting kepada pengunjung. Jika Anda datang sendirian atau hanya dalam kelompok kecil, biasanya akan digabung dengan rombongan lainya, hal ini dilakukan untuk mengefektifkan kerja petugas yang akan memandu Anda sepanjang perjalanan menyusuri goa nantinya. Anda juga diperkenankan untuk membawa kamera sendiri sebagai alat untuk mendokumentasikan perjalanan selama menyusuri goa, jika pun kebetulan sedang tidak membawa kamera, maka Anda tidak perlu khawatir karena pengelola objek wisata ini pun menyediakan kamera untuk disewakan kepada pengunjung.

goa pindul gunung kidul

Di dalam goa Anda akan disuguhkan dengan gugusan stalaktit dan stalagmit yang indah. Air sungai yang mengalir dengan tenang dapat membuat Anda betah untuk berlama-lama di dalam goa ini. Petugas pemandu biasanya akan menarik pelan-pelan ban-ban pelampung yang digunakan sambil menikmati pemandangan serta menjelaskan beberapa fenomena alam yang terjadi di dalam goa tersebut. Di dalam goa tersebut juga hidup puluhan hingga ratusan kelelawar, jadi Anda harus berhati-hati saat menikmati stalaktit dan stalagmit agar wajah Anda tidak terkena kotoran kelelawar saat melihat-lihat ke bagian atas goa. Karena di dalam goa tersebut menjadi sarang kelelawar, maka Goa Pindul ini tidak dipasang penerangan lampu, satu-satunya penerangan yang ada hanyalah dari sinar matahari dan lampu senter yang biasa dibawa oleh petugas pemandu wisata.

 

Ada satu spot menarik di dalam goa ini. Spot tersebut menyajikan pemandangan yang luar biasa, di mana dari bagian atas goa ada semacam celah yang memungkinkan sinar matahari dapat masuk hingga bagian dalam goa. Spot ini hampir mirip dengan spot yang ada di Goa Jomblang. Wisata Goa Pindul initermasuk kedalam kawasan wisata yang sudah dikembangkan dengan baik. Di sini terdapat mushola, warung-warung dan restoran hingga penginapan. Hal ini menjadi pertimbangan pengelola untuk menyediakan berbagai fasilitas, karena biasanya dalam satu rombongan tidak semuanya ikut dalam kegiatan Cave Tubing, misalnya seperti anak kecil dan orang tua lanjut usia yang memang tidak memungkinkan untuk mengikuti aktivitas Cave Tubing tersebut. Selain itu juga pengunjung dapat tetap menjalakan ibadah sholat baik sebelum ataupun setelah mengikuti aktivitas Cave Tubing di goa tersebut.

goa pindul yogyakarta

 

Biaya Masuk dan Paket Wisata Yang Terjangkau

 

Untuk memasuki Goa Pindul, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 per-orang. Dengan biaya yang Anda bayarkan tersebut, Anda berhak mendapatkan rompi pelampung, ban pinggang, jasa pemandu profesional dan pelatihan singkat dalam menyusuri goa. Atau jika Anda ingin mendapatkan fasilitas lebih selama berwisata menyusuri goa ini, Anda dapat menggunakan paket wisata Goa Pindul yang banyak ditawarkan oleh para penyedia jasa wisata, Anda hanya perlu mencarinya penyedia jasa tersebut di internet.  Wisata disekitar goa ini juga tidak kalah menariknya, seperti River Tubing Kali Oya dan juga wisata Off Road Desa Wisata Bejiharjo. Wisata ini terbilang baru, di sini Anda akan diajak untuk berkeliling Desa Bejiharjo dengan menggunakan mobil jeep. Bentang alam yang sangat indah dijamin akan memanjakan Anda sepanjang perjalanan mengelilingi desa ditambah dengan jalan yang bergelombang sudah pasti akan ikut memompa adrenalin Anda. Demikian tadi sedikit informasi mengenai tempat wisata Goa Pindul yang terdapat di Gunung Kidul Yogyakarta, semoga dapat menjadi referensi untuk liburan Anda selanjutnya.

 


One Response

Reply

hit counter
Select Language