no comments

Curug Bojong Koneng: Keindahan Air Terjun di Kawasan Sentul Bogor


curug bojong koneng

Curug Bojong Koneng atau masyarakat sekitar menamainya dengan Curug Handap adalah salah satu air terjun yang ada di Bogor, tepatnya di kawasan Sentul Bogor. Curug Bojong Koneng ini juga ada yang menyebutnya dengan Curug Bidadari karena katanya di curug ini sering terdengar suara bidadari yang sedang mandi. Ketinggian curug ini diperkirakan mencapai 50 meter. Curug yang berada diantara Gunung Batu dan Gunung Geulis ini atau lebih tepatnya berada di kaki Gunung Salada ini memiliki keindahan yang begitu mempesona. Secara geografis, curug yang bersebelahan dengan bukit Hambalang ini berada diketinggian 800 meter diatas permukaan laut.

Panorama yang tersaji disekitar curug in begitu mengesankan, karena tidak hanya curug akan tetapi diselingi dengan perpaduan alam pegunungan, pesawahan, aliran sungai dan suasana pedesaan yang begitu menenangkan pikiran. Atraksi fauna seperti sekawanan monyet yang kerap muncul dari balik rimbunnya pepohonan semakin menambah keindahan kawasan ini. Akan tetapi pengunjung harus waspada dengan keberadaan monyet-monyet ini karena barang bawaan Anda dapat disambar oleh monyet yang tinggal disekitar air terjun. Satu hal lagi yang menjadi keunikan tempat ini adalah adanya curug lainnya diatas Curug Bojong Koneng ini. Warga sekitar menamainya dengan Curug Luhur karena posisinya yang ada diatas Curug Bojong Koneng. Tinggi Curug Luhur ini kurang lebih 10 meter dengan kemiringan mencapai 30-40 meter. Untuk mencapai curug ini, pengunjung cukup melalui jalan setapak menuju keatas, lalu menyusuri aliran sungai sampai ke lokasi.

 

Fasilitas di Curug Bojong Koneng

 

Fasilitas yang ada di Curug Bojong Koneng atau yang lebih dikenal dengan Curug Bidadari ini sangatlah lengkap. Dikawasan sekitar curug telah dibangun waterpark dengan latar belakang langsung Curug Bidadari. Kolam utama di waterpark ini sangatlah besar akan tetapi ukurannya tidak terlalu dalam sehingga bisa digunakan untuk sekedar berendam dan bermain air langsung dibawah pancuran air terjun. Dengan demikian Anda dapat bermain-main disekitar curug dengan lebih leluasa dan tidak perlu takut untuk terpeleset. Selain kolam utama yang ukurannya sangat besar itu, terdapat pula kolam ombak dan lazy pool yang biasanya digunakan oleh anak-anak kecil untuk bermain air. Untuk kolam lazy pool ini kedalamannya hanya 50 cm saja, jadi cukup aman untuk bermain anak-anak. Di pinggiran kolam disediakan pasir pantai yang berasal dari pantai di Kabupaten Bangka secara langsung sehingga membuat susasana kolam layaknya seperti sedang berada di pinggir pantai.

Tempat wisata yang berada dikawasan Sentul Bogor ini sangat cocok digunakan untuk berwisata bersama keluarga. Anda dapat menghabiskan waktu istimewa bersama keluarga dan sekaligus menghilangkan penat dari aktivitas perkotaan, selain itu juga dapat menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri dengan anak-anak. Ada banyak fasilitas permainan yang dapat digunakan seperti flying fox, perahu tangan dan banyak lagi yang lainnya. Di tempat ini pula telah disediakan persewaan saung bambu, matras, pelampung donat dan aula yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk beristirahat. Jika merasa lapar setelah puas bermain air, maka Anda tidak perlu repot-repot keluar kawasan wisata karena di Curug Bidadari ini terdapat restoran yang menyajikan berbagai macam makanan enak dengan harga yang masih cukup terjangkau.

curug bojong koneng 2

 

Rute Menuju Curug Bojong Koneng

 

Curug Bidadari ini berjarak sekitar 23 km dari kota Bogor dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Rute menuju curug ini sangatlah mudah. Untuk mencapai lokasi wisata tersebut bisa diakses dari dua arah yaitu dari arah Jayanti Bogor dan dari arah Tol Jagorawi.  Jika Anda datang dari arah Jakarta, maka Anda bisa langsung menuju tol Jagorawi dan keluar melalui pintu tol Sentul Selatan. Dari pintu keluar tol tersebut selanjutnya berbelok ke kiri, kemudian lurus hingga menemukan persimpangan jalan. Dari persimpangan tersebut selanjutnya ambil arah kiri hingga sampai di kawasan perumahan Sentul. Dari situ Anda tinggal lurus saja sampai bertemu jalan desa. Tidak jauh dari jalan desa tersebut Anda akan menemukan kawasan wisata Curug Bidadari Sentul Park dengan papan nama dan pintu masuk menuju curug yang sangat jelas. Jika masih kesulitan, Anda dapat bertanya kepada masyarakat sekitar karena semua orang disekitar tempat tersebut pasti tahu kawasan wisata ini. Kondisi menuju Bojong Koneng ini bervariasi dari mulai jalan beraspal mulus, lalu berubah menjadi jalanan makadam (berbatu) dengan jalan yang tidak terlalu lebar sehingga cukup menyulitkan saat berpapasan dengan kendaraan lainnya.

Bagi Anda yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, angkutan satu-satunya untuk mencapai lokasi curug ini hanyalah ojek.

 

Harga Tiket Kawasan Curug Bidadari Sentul Park

 

Curug Bojong Koneng/Curug Bidadari ini buka setiap hari senin sampai jumat dengan jam operasional dimulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Khusus untuk hari Sabtu dan Minggu, kawasan wisata ini buka mulai dari jam setengah 8 pagi hingga pukul 7 malam. Harga tiket masuk kawasan ini juga sangat terjangkau. Untuk hari biasa dikenakan tarif sebesar Rp 25.000 per orang dan untuk akhir pekan sebesar Rp 40.000 per orang. Untuk biaya parkir roda empat sebsar Rp 10.000 dan kendaraan roda dua Rp 4.000.  Jika Anda ingin menyewa berbagai perlengkapan, maka akan dikenakan tarif lagi sesuai peralatan yang disewa, begitupun jika ingin mencoba berbagai wahana lainnya seperti flying fox atau pun perahu tangan maka akan di kenakan biaya tambahan lagi.


Reply

hit counter
Select Language